Ketakutan Terburuk adalah Ketakutan untuk Mencoba

Ketika gua menulis artikel ini, beberapa hal banyak terjadi di hidup gua. Mungkin bisa dibilang hal - hal tersebut memiliki inti yang sama, yaitu penolakan. Dan penolakan ini sebenarnya sering sekali terjadi di hidup gua karena itu gua sudah semakin santai menanggapi nya.


Kenapa gua bahas hal ini, karena setelah menjalani beberapa bisnis dengan orang orang yang menurut gua cukup kompeten, banyak dari mereka adalah orang orang terbaik di bidang nya menurut gua.


Punya bakat nya, atau punya skill nya mungkin ataupun punya ide cemerlang nya. Tapi seringkali hal - hal tersebut hanya berakhir di pikiran dan khayalan saja. Hanya karena satu hal, ketakutan akan penolakan.


Dan hal ini adalah hal normal di manusia pada umumnya. Ketakutan untuk di tolak mungkin menjadi hal yang paling sering menjadi alasan kenapa orang akhirnya memilih jalan aman.


Merasa hidup tak seindah ucapan quotes quotes pinterest


Padahal nyali lu ga sebanding dengan mimpi mu.


“Jangan pernah takut untuk bermimpi”


Tapi jarang ada orang mengatakan


“Jangan takut ketika lu kejar mimpi lu”


Karena perbedaan manusia yang berhasil mengejar mimpi nya dan manusia yang merasa hidupnya gagal kebanyakan hanya soal nyali.


Kadang pengetahuan dan keahlian di suatu bidang tertentu membuat ketakutan bahwa lu ga cukup tahu.


Padahal mental “goblok” itu perlu kadang kadang.


Merasa gatau apa apa, jalanin terlebih dahulu.


Ya gua gabisa hal ini bisa membantu diri lu dan usaha lu jangka panjang. Hanya saja, memulai tanpa takut jelek adalah hal yang harus dilalui.


“Pasti jelek, namanya baru mulai, setelah itu benerin lagi berikut nya.”


Itu omongan mas Pandji soal menjadi entrepreneur.


Entah berapa kali gua mengutip dia. Manusia yang mungkin untuk hitungan sebagai artis tidak terlalu terkenal hahahahah


Tapi kemampuan dia untuk tidak take things personal adalah salah satu hal yang gua pelajari dari dia.


Tentu banyak juga guru gua yang gua pandang tentang perspective tersebut, tapi hal itu sangat sulit dilakukan walaupun sangat mudah diucapkan.


Mungkin beruntung nya hidup gua bukan dari keluarga yang ter….., tumbuh menjadi manusia yang tidak selalu mendapatkan hal yang dia inginkan.


Melewati masa sma nya berjuang agar naik kelas, dipandang sebelah mata oleh orang orang yang gua hormati. Ditolak perempuan, dianggap tidak mampu.


Mungkin akhirnya di titik ini gua berterima kasih dengan mereka. Karena mereka semua, gua bisa menghilangkan drama dibalik kegagalan tersebut. Biasa aja.


Ini bukan kegagalan pertama di hidup gua.


Dan setiap kegagalan, gua belajar sesuatu. Jadi kalo dibilang kegagalan gua ga berharga, sayang nya enggak. Kegagalan gua sangat berharga.


Dan salah satu yang paling berharga adalah


“Gagal mah biasa, yang ga biasa itu ga tau bisa apa enggak karena gagal punya nyali buat nyoba”



1 view0 comments

Recent Posts

See All