Ketika Segala Sesuatu Tidak Terjadi Seperti yang Diinginkan

Gua menulis ini karena sebenarnya ini yang sedang terjadi di fase hidup gua sekarang. Ketika beberapa hal yang gua lakukan saat ini, sedang dalam titik jenuh tertinggi nya. Semua hal sedang dalam fase “berantakan”


Untuk pertama kalinya setelah sekian lama gua berhenti menulis tentang apapun. Sebenarnya ga ada yang salah, cuma normal nya ketika sesuatu hal yang sudah terjadwal, ketika satu dan lain hal, maka seringkali melahirkan yang dinamakan “The Domino Effect”.


Sering kali ketika gua tidak melakukan A, maka nantinya akan berdampak ke B yang akhirnya semua hal terasa seperti berantakan.


Contoh nya, kalo lu terbiasa sarapan, lalu satu hari karena lu pulang terlalu larut malam, dan pagi pagi nya lu bangun nya kesiangan sehingga lu ga sempat sarapan. Jadi nya performa di kantor turun karena perut kosong, kerjaan jadi banyak yang ketunda dan berantakan. Sehingga memaksa lu hari ini lembur lagi karena harus menyelesaikan hal tersebut.


Yang ternyata domino effect nya hanya karena lu pulang terlambat di hari sebelumnya, menyebabkan hari ini lu harus pulang terlambat lagi karena efek tidak sarapan sehingga kemungkinan lu terlambat lagi di hari esok bisa besar sehingga nantinya ini bisa menjadi sirklus baru lu.


Sehingga lu di posisi dimana lu merasa hidup lu berantakan.

Dan sayang nya ini terjadi sama gua.


Ketika hidup gua sering kali gua susun jadwal sedemikian rupa, namun ternyata keadaan memaksa gua untuk beradaptasi, seringkali kemampuan beradaptasi itu jadi hambatan yang masih gua pelajari hingga saat ini.


Namun karena gua masih belum bisa sehebat itu beradaptasi, sehingga gua cuma melihat hidup gua di satu titik As a mess.


Berantakan.


Biasanya pilihan dalam posisi tersebut hanya 2, entah membiarkan kekacauan itu berlangsung sambil kita beradaptasi ke “hidup baru” atau susun lagi dari 0.


Permasalahan nya yang banyak orang diluar sana hadapi dan gua juga adalah sering kali kita terlalu malas atau bingung atau apapun itu untuk menyusun kembali dari 0.


Ada salah satu ucapan dari salah satu author, mentor dan life coaching dari USA yaitu corey wayne yang ternyata setelah di ulik dia mengutip dari philosopher Ayn Rand mengatakan :


"You can ignore reality, but you can't ignore the consequences of ignoring reality."


Karena memang ternyata tidak bisa dan tidak mungkin kita tidak menerima dampak dari menolak menerima realita. Hal berantakan tersebut tidak akan menyelesaikan diri mereka sendiri.


Maka pilihan paling masuk akal adalah Menyusun semua kembali dari 0. Sangat sulit membayangkannya. Tapi ketika proses nya dilakukan satu persatu, maka nantinya semua akan kembali pada tempat seharus nya.


Mulai susun satu persatu, perlahan, hingga semua berjalan sesuai dengan yang direncanakan di awal.


Hanya karena segala hal terlihat berantakan, bukan berarti tidak bisa berjalan kembali seperti yang direncanakan.


Maka dari itu, Artikel ini adalah bukti buat diri gua sendiri dan gua harap bisa membantu lu untuk mulai menata segala nya, memulai menyusun dan memperbaiki “berantakan” tersebut.


Hanya dari hal tersebut, kita mengetahui bahwa ternyata


If it is not a mess, it is not progress.


Stay Safe, Everyone.


3 views0 comments

Recent Posts

See All