Perjalanan Mengenal Diri Sendiri Part I : Kenyataan dari Self Development.

Halo, Selamat datang kembali ke tulisan gua.


Pembukaan yang sangat wah.


Untuk tulisan kali ini karena menurut gua cukup penting jadi gua akan paralel gua buat versi podcast nya juga. Karena ini cukup penting untuk gua maka dari itu membuat versi monolog akan membantu sebagai reminder gua juga.


Menghambat tidak selalu dikonotasikan dengan hal buruk, hanya saja dengan tulisan ini gua berharap orang bisa mempercepat proses nya dengan belajar dari pengalaman gua.


Jadi klo gua bawa mundur, kejadian ini terjadi di akhir 2020, dimana normal nya walaupun apapun terjadi, kami terbiasa berkumpul dengan membawa cerita masing masing di tahun yang epic ini.


Harus nya sih udah mythic ya ini tahun, cuma tahun yang mythic jatoh nya ga jelas.


Menurut gua pribadi, di tahun 2020 ini, secara keseluruhan bukan menjadi tahun terburuk gua.

Mungkin betul, banyak orang diluar sana yang kehilangan pekerjaan, banyak yang kehilangan orang yang di sayang. Cara hidup kita berubah menjadi cara baru. Tapi bukankah itu hidup. Ini mungkin bukan pertama kali nya cara hidup lu berubah.


Perbedaan nya hanya kita melakukan hal ini bersama sama.


Tapi kalo kembali ke cerita gua, gua ternyata tidak terlalu merasakan 2020 menjadi tahun yang sangat buruk.


Tentu kalo dibilang berat, pasti. Perubahan selalu sulit. Tapi perubahan ini yang memaksa gua melakukan hal - hal yang ada di impian gua doang dulunya. Banyak hal terbentuk, baik dari noxious advocate, podcast gua, bisnis bisnis lain.


Karena besarnya waktu luang setelah lu melakukan pekerjaan nine to five.


Salah satu hal terbaik di hidup gua yang terjadi di 2020 adalah gua mengenal diri gua sendiri.


Klise banget, cuma sayang nya hal itu benar benar terjadi.


Gua akhir nya mengenal diri gua sendiri. Setiap orang tentu punya proses nya masing - masing, tapi akhir nya gua paling enggak sudah mulai mengetahui apa yang gua mau, apa yang gua bisa lakukan, apa yang bisa gua tawarkan ke dunia.


Kembali ke event penutupan akhir tahun tersebut, dimana semua orang ngebahas tentang cerita nya mereka masing masing. Ada yang bahas tentang kehidupan rumah tangga di masa pandemi, ada yang membahas soal investasi dan cara cara nya.


Ada yang ngebahas ngasih makan kambing pake tanaman Aglaonema. Emang anjing nih orang hahaha.


Ketika ke tahap gua, gua ngebahas tentang proses gua mengenal diri sendiri. Abis gua habis, sekumpulan yang terkenal laki - laki penyamun, tattoan sana sini. Gua datang dengan jawaban politis nan psikologis correct.


Cuma gua cukup bahagia melihat respon dari mereka, karena gua bener - bener menemukan diri gua sendiri. Mau di apain lagi. Memang itu yang terjadi hahahah


Salah satu statement yang paling menarik adalah celetukan kecil pada dasarnya setelah tawa tersebut meledak, yaitu…


“Umur udah seperempat abad lewat mah udah wajar lah lu kenal diri lu sendiri”


Apakah benar seperti itu? Gua rasa enggak. Karena bahas jaman sekarang hanya berjalan dalam hidup nya mengikuti mimpi orang lain.


Apakah salah? Enggak, tapi normal nya orang orang ini yang bekerja untuk uang. Mereka manusia manusia yang berjalan menukar kan waktu nya demi uang, berharap di ujung sana ada perhentian nya.


Gua udah bahas, di tulisan sebelumnya bahwa tujuan hidup itu bukan bahagia. Tapi justru perjalanan hidup lu yang lu buat bahagia. Gimana cara nya? Adalah dengan mengetahui apa yang membuat lu bahagia.


Segampang itu.


Karena banyak orang yang tidak mengetahui cara nya mengenal dirinya sendiri atau menolak menjalani proses nya. Makanya di perjalanan hidup nya, dia hanya mengejar satu hal yang bisa dilihat. Uang.


Padahal mungkin kebahagian itu ga disana.


Ada satu quotes yang gua masih percaya, yaitu..


Jadi ya mungkin hal tersebut masih jadi pegangan gua untuk sekarang.


Kembali lagi ke topik mengenal diri sendiri. Bahwa banyak orang ga mengenal diri nya sendiri, maka ketika dia melakukan self development atau bertumbuh, apapun itu, berkembang dalam karir, kepribadian ataupun percintaan, mereka berjalan kemana pun.


Dan itu harus gua akui adalah salah satu cara untuk mengenal diri lu sendiri juga. Kesalahannya adalah orang biasanya tidak menyadari bahwa hal ini sudah berulang kali dia lakukan.


Kenapa mengenal diri sendiri itu penting. Karena self development atau tahap pengembangan diri tanpa mengetahui diri kita sendiri sama seperti ular yang belajar terbang. Sayang aja waktu ular tersebut seharusnya dia bisa menjadi makhluk paling dominan di darat, tapi karena dia menghabiskan waktu bermimpi bisa terbang.


Akhir nya dia bisa terbang ketika elang memutuskan makan malam hari itu adalah daging ular.


Lalu apa yang terjadi? Si ular menyalahkan alam semesta karena tidak adil. Kok bisa dia salah satu binatang paling dominan di darat ini nyalahin karena tidak bisa terbang? Kan bangsat hahahahah


Atau mungkin gua akan membawa ke satu contoh yang lebih dekat dengan kehidupan kita dan semoga lu lebih paham dengan contoh ini.


Misalnya gua ambil contoh, lu sebagai mekanik mobil. Nah lu dikasih mobil random ini nih. Sebagai mekanik yang handal. Lu ditantang untuk modifikasi mobil ini. Sebagai mekanik yang merasa dirinya salah satu terbaik. Lu terima tantangan tersebut.


lu bertanya sama customer nya.


“Ini mobil mau gua modif jadiin apa?”


“Gatau, lu kan mekaniknya, seharusnya lu yang paling tahu mobil ini dijadiin apa. Pesan gua cuma satu mobil ini harus bisa memaksimalkan potensi terbaiknya. Yang terbaik yang dia bisa”


Bahasa nya kayak motivator ya…


Itu jawaban dari owner mobil nya, ternyata owner mobil tersebut namanya Tuhan, Allah, Dewa Brahma, atau universe, atau yang menyembah kaleng krupuk mungkin ada.


You name it lah.


Nah setelah itu, karena dia request nya hanya terbaik buat mobil tersebut mulai gua cari referensi tuh. Buka google


Gua liat di internet, scroll - scroll instagram, liat story bening bening lagi joget - joget. Waduh. Save beberapa trus lanjut lagi.


gua coba liat referensi di hastag #mobilterbaik. Ternyata ada list list mobil - mobil tercepat di dunia. Mobil - mobil terkeren di dunia.


They got all the fame and money as the fastest car & the coolest car in the world.


Wah gua sebagai mekanik handal. Mau dong mobil ini bisa dijadikan mobil tercepat dan terkeren di dunia. Membayangkan semua fame dan uang yang bisa gua dapatkan sebagai mekaniknya.


Oke, goals gua adalah menjadikan mobil ini seperti yang gua liat di instagram.


Mulai lah, perjalanan gua memodifikasi mobil ini.


Seminggu lewat, sebulan lewat, setahun lewat.


Kok masih belum ketemu juga gimana cara nya gua bisa ngerubah mobil ini jadi mobil yang terkeren dan terkeren di dunia.


Padahal kalo gua liat referensi nya, bisa kok seharusnya mobil ini jadi mobil tercepat di dunia. Orang merk dari mobilnya sama, merk nya adalah “Manusia”.


Mobil yang ada di Instagram dan yang ada di depan mata gua sama - sama instagram.


Akhirnya gua memutuskan untuk membongkar segala bagian nya hingga mur terkecilnya.


Ternyata setelah mungkin proses yang cukup panjang gua kulik mobil gua sampe printilan printilan terkecil nya.


Baru gua sadar bahwa ternyata walaupun merk nya sama sama “Manusia”, tapi ternyata

Segala sesuatu di dalam nya berbeda.


Ternyata dipaksakan seperti apapun, “Manusia” ini tidak akan sama dengan “Manusia” yang ada di instagram. Karena dari segala aspek di dalamnya, mereka berbeda.


This fuckin human Built Different. And chasing the same goals will destroy yourself. And make you feel fucking useless.

Anjing gua jago banget membuat perandaian.


Disitu baru akhirnya gua paham.


Baru gua sadar, bahwa mimpi gua merubah menjadi mobil tercepat dan erkeren di dunia, membayangkan segala fame dan uang yang dihasilkan nya kan cuma ada di imajinasi gua.


Lu marah dengan mobil ini hanya karena dia ga bisa memenuhi imajinasi tolol lu? Cmon mike, you better thann this.


Padahal kalo gua sadar dengan omongan owner nya. Dia hanya meminta gua satu hal yang sangat mudah. Memaksimalkan potensi mobil ini semaksimal mungkin.


Setelah gua berdamai dengan mimpi gua tersebut, gua mulai kembali semua proses dari 0.

Gua mulai melihat segala printilan yang berserakan ini menjadi suatu konsep baru.


Karena bentuk dan kemampuan mesin ini. Gua mulai membayangkan bisa gua buat apa “Manusia” ini.